10 Makanan Sehat Untuk Anak

Makanan Sehat Untuk AnakMembuat makanan sehat untuk anak merupakan tugas wajib untuk semua ibu. Kita tahu bahwa sekarang banyak makanan populer yang kandungan gizi rendah atau biasa disebut dengan junk food, seperti burger, pizza, dsb. Sehingga banyak anak yang ketagihan, dan dari waktu-ke-waktu ukuran tubuh si anak menjadi gemuk.

Kondisi tersebut bisa kita segera diatasi, bila seorang ibu memiliki pengetahui mengenai variasi makanan dengan gizi tinggi. Cara ini ampuh sekali untuk memastikan kondisi gizi anak tetap terpenuhi. Tapi seorang ibu juga harus menanamkan kebiasaan makan sehat sejak dini, ini bertujuan untuk mencegah beragam gangguan kesehatan di kemudian hari. Bagi kalian para ibu yang merasa kebingungan dengan makanan yang harus dipilih, berikut adalah beberapa makanan sehat untuk anak.

Biji-bijian

Biji-bijian penuh serat, protein dan karbohidrat, sehingga bahan ini merupakan makanan ideal sebagai bahan makan anak-anak kalian. Kalian dapat membuat salad dengan biji-bijian, atau dicampur dengan sayuran lainnya, buah-buahan, sehingga membuat salad berwarna-warni dan bisa lebih menarik. Ini akan menjaga kondisi nutrisi anak.

Keju

Keju memiliki semua kebaikan susu, dan terdiri dari lemak dan protein. Sebagian besar anak-anak menyukainya dalam bentuk apapun – lembut, keras atau dicampur dalam makanan dalam bentuk burger, roti atau sandwich. Namun, pastikan bahwa porsinya berukuran kecil untuk menghindari obesitas.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah bahan makanan untuk meningkatkan energi. Fakta ini tidak begitu mengejutkan, kalian mungkin telah mengetahui bahwa kacang-kacang banyak ditemukan di semua jenis sereal, dan menu makanan yang satu ini baik sekali untuk memulai hari. Almond, walnut, kacang mete, hazelnut, dsb.

Gandum utuh

Biji-bijian seperti gandum, oatmeal dan beras merah adalah pilihan sehat untuk anak-anak dibandingkan dengan beras putih dan pasta. Gandum utuh merupakan gandum yang tidak tidak digiling sehingga masih terdiri dari dedak dan benih. Bahan yang satu ini lebih kaya akan selenium, magnesium, dan potasium. Adapun contoh produk yang terbuat dari gandum utuh antara lain “tepung gandum utuh”, “roti gandum utuh”, dan “pasta gandum utuh”.

Yoghurt

Yoghurt memiliki bakteri sehat yang mampu tingkatkan tumbuh dan kembang anak-anak. Yoghurt rendah lemak, sehingga dapat dikonsumsi polos atau dicampur dengan buah-buahan dan sayuran.

Telur

Telur mengandung protein untuk kesehatan tubuh dan DHA untuk meningkatkan kesehatan otak. Putih telur baik untuk kesehatan kulit dan rambut semakin bercahaya. Untuk tingkatkan pertumbuhan anak, haruslah mengonsumsi telur secara teratur.

Coklat hitam

Coklat hitam memiliki protein dan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Coklat ini adalah peningkat energi dan mood, dan ini merupakan favorit anak-anak. Tapi hati-hati jangan sampai keliru dengan coklat biasa, yang memiliki lebih banyak lemak. Dan juga perhatikan setiap porsi coklat hitam yang dikonsumsi anak.

Tuna

Ikan tuna memiliki protein yang diperlukan untuk memlihara kesehatan tubuh. Jenis ikan ini dapat dikonsumsi dengan sandwich dan resep lainnya. Bahan makanan ini baik untuk perkembangan tubuh anak.

Susu

Susu, juga disebut makanan sehat, yang merupakan favorit semua anak. Susu sapi sangat baik untuk otak anak. Mengandung kalsium, dan baik untuk tulang, baik itu remaja, balita atau semua usia. Susu juga bisa dikemas dalam beragam bentuk, sehingga bisa dengan mudah menarik perhatian anak.

Avokad

Buah ini penuh dengan lemak tak jenuh tunggal yang diperlukan anak pertumbuhan dan perkembangan mereka. Avokad ini dapat disajikan dalam bentuk apapun, biasanya akan terdapat dalam sandwich dan roti.

Demikianlah 10 makanan sehat untuk anak. Kita tahu bahwa setiap anak tidak semua menyukai makan-makan tersebut. Namun kalian para ibu, harus bisa melakukan improvisasi terhadap menu makan dengan makanan sehat diatas, sehingga tidak membuat anak bosan atau bahkan tidak menyukainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *