7 Cara Mengobati Jantung Berdebar Yang Bisa Dilakukan di Rumah

Merasakan sensai jantung berdebar kencang selama beberapa detik mungkin hal yang biasa. Tapi, jika kondisi tersebut terjadi terlalu sering, atau disertai gejala tertentu seperti pusing dan sesak itu harus diwaspadai. Karena, bisa saja itu tanda adanya gangguan pada kondisi jantung.

Perlu kamu ketahui bahwa denyut jantung yang normal adalah 60 sampai 100 denyut per menit. Apabila denyut jantung diatas itu, bisa jadi jantung sedang mengalami palpitasi atau jantung berdebar.

Cara Mengobati Jantung BerdebarPalpitasi sendiri merupakan suatu kelainan yang terjadi pada detak jantung, dengan tanda denyut jantung berdenyut kencang. Kondisi ini bisa terjadi dalam beberapa detik bahkan jam.

Cara mengobati jantung berdebar dengan bahan alami dan beberapa teknik bisa menjadi solusi atasi kondisi yang terjadi pada jantung tersebut. Namun sebelum itu kamu mungkin ingin mengetahui sedikit mengenai palpitasi atau jantung berdebar. Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai gangguan pada jantung tersebut.

Palpitasi atau Jantung Berdebar

Palpitasi membuat kamu merasa tidaknyaman dan gelisah karena jantung berdetak cepat, tanpa sebab yang jelas. Sensasi jantung berdetak kencang ini dapat dirasakan di area tenggorokan dan leher.

Kondisi ini biasanya tidak serius atau membahayakan. Palpitasi ini sebagian besar disebabkan oleh stres dan kecemasan, atau efek terlalu banyak mengonsumsi kafein, nikotin, atau alkohol. Bisa juga ketika sedang hamil.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kondisi tersebut bisa menjadi tanda gangguan jantung yang lebih serius. Jadi, penderita mungkin harus ke dokter apabila kondisi jantung berdebar disertai dengan:

  • Sesak napas
  • Pusing
  • Sakit dada
  • Pingsan

Dokter akan memberikan pengobatan paling tepat untuk mengurangi dan mengatasi palpitasi tersebut. Apabila dokter tidak menemukan penyebab yang mendasarinya, perubahan gaya hidup bisa menjadi solusinya, termasuk mengontrol stres.

Cara Mengobati Jantung Berdebar

Cara Mengobati Jantung Berdebar Ada beberapa cara untuk bisa mengatasi jantung berdebar atau palpitasi ini. Cara di bawah ini terdiri dari dua metode, yaitu teknik dan bahan alami.

Manuver Valsalva

Teknik ini bisa membantu kamu memulihkan jantung berdebar kembali normal. Cara ini menyebabkan intervensi fisik yang bisa merangsang saraf kranial ke 10. Dan akhirnya bisa memperlambat detak jantung.

Pertama, tutup hidung dengan mencubitnya, lalu tutup mulut mulut mu dan kemudian cobalah untuk bernapas. Dengan ini kamu akan mempercepat detak jantung, dan kemudian akan melambat.

Perhatian: Jika kamu memiliki penyakit jantung, jangan melakukan teknik ini.

Batuk

Batuk keras selama beberapa menit dapat membantu mematahkan pola palpitasi. Dengan cara ini bisa timbulkan tekanan pada dada, yang bisa mengembalikan kondisi jantung kembali ke ritme yang normal.

Ini bukanlah tindakan pencegahan. Gunakan cara ini ketika kamu mengalami palpitasi.

Ambil Napas Dalam-Dalam

Cara ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi jantung berdebar. Ini bisa membantu mengurangi rasa gelisah serta kepanik dan, pada akhirnyanya, dapat membantu untuk menormalkan detak jantung. Menarik napas dalam-dalam juga membantu rilekskan tubuh dan meningkatkan pasokan oksigen ke otak.

  • Duduklah dengan nyaman dalam posisi bersila.
  • Tarik napas dalam-dalam secara lambat melalui hidung, hingga tidak bisa lagi menarik napas.
  • Lalu hembuskan napas perlahan-lahan melalui mulut.
  • Ulangi selama beberapa menit, hingga detak jantung melambat.

Air dingin

Asupan cairan yang kurang dapat membuat jantung lebih rentan terhadap detak jantung tidak teratur, cobalah minum segelas air dingin untuk membantu memulihkan detak jantung normal kamu. Denga ini juga kamu bisa membantu tubuh mengurangi stres, rasa gelisah dan pusing.

Percikan air dingin k wajah juga bisa mengatasi jantung berdebar dan rasa kepanikan. Kamu juga dapat menggunakan air dingin untuk mandi. Air dingin membantu mengejutkan sistem saraf dalam membantu mengembalika detak jantung kembali normal.

Meningkatkan Asupan Magnesium

Kekurangan magnesium dalam tubuh juga dapat menyebabkan jantung berdebar-debar. Mineral ini dapat memastikan kelancaran fungsi jantung dan sistem saraf serta sirkulasi darah yang lebih baik dalam tubuh.

Konsumsi makanan kaya magnesium seperti bayam, kale, lobak Swiss, dan sayuran hijau gelap lainnya; kacang-kacangan seperti almond dan kacang mete; biji-bijian seperti biji wijen dan biji labu, biji gandum; havermut; selai kacang; alpukat; pisang; dark chocolate dan yoghurt rendah lemak.

Kayu Manis

Bahan alami ini termasuk ke dalam obat efektif untuk jantung berdebar. Kayu manis ini memiliki beragam nutrisi, termasuk mangan dan kalium yang baik untuk jantung. Ini bisa membantu meningkatkan aliran darah ke jantung, mencegah kelebihan penumpukan LDL (kolesterol buruk) dan mengurangi tekanan darah tinggi.

  • Campurkan 1 sendok teh kayu manis bubuk ke dalam segelas air hangat, lalu minum.
  • Atau bisa juga dengan menambahkan 1 sendok teh madu. Minum setiap hari sekali. Hingga kondisi membaik.

Valerian

Untuk jantung berdebar karena serangan rasa panik atau gelisah, valerian bisa menjadi solusinya. Efek relaksasi dari valerian membantu menenangkan dan mengembalikan detak jantung normal. Selain itu, juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Valerian sendiri biasanya akar dari tanaman valerian. Tanaman ini asli dari Inggris.

Coba campurkan 10 tetes valerian pada segelas air dan minum.

Perhatian: Ramuan ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil.

Cara di atas bisa kamu lakukan sebelum pergi ke dokter atau setelahnya (tapi konsultasi dahulu). Beberapa cara mengobati jantung derdebar di atas semoga bisa membantu kamu dalam mengatasi jantung berdebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *