7 Kandungan Gizi Dalam Timun Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Gizi Dalam Timun Untuk Kesehatan TubuhTimun sudah dikenal dengan kandungan airnya yang banyak. Namun ternyata selain air, timun juga banyak mengandung zat-zat lain yang bermanfaat untuk tubuh. Inilah tujuh kandungan timun yang bermanfaat untuk kesehatan:

Air

Sebanyak 95.2 persen kandungan timun adalah air. Ini berarti timun seberat lima ons mengandung 4,8 ons air atau sekitar 150 ml air yang dapat membantu tubuh untuk tetap terhidrasi.

Potasium

Satu timun mengandung kurang lebih 152 mg potassium. Potasium sendiri memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

Fisetin

Fisetin merupakan zat anti-inflamasi yang mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan otak. Pada penderita Alzheimer, fisetin bermanfaat untuk menjaga kemampuan kognitifinya. Zat ini juga bisa ditemukan pada stroberi dan anggur.

Flavonoid

Sama seperti fisetin, flavonoid juga merupakan zat anti-inflamasi. Zat ini membantu mengurangi rasa sakit.

Baca juga: 7 Makanan Berlemak yang Menyehatkan

Vitamin K

Salah satu dari tujuh kandungan timun yang bermanfaat untuk kesehatan adalah vitamin K, vitamin ini dikenal baik untuk kesehatan tulang. Vitamin K juga membantu penyerapan kalsium untuk tulang.

Serat

Kandungan serat dalam ketimun membantu proses pencernaan tubuh agar lebih lancar. Selain itu, kandungan air yang banyak dan kalori yang rendah membuat timun menjadi makanan tepat untuk mengurangi berat badan.

Cucurbitacins

Cucurbitacins merupakan zat anti-kanker. Para peneliti menemukan bahwa cucurbitacins mampu menghentikan perkembangan beberapa jenis sel kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *